Biaya Pembuatan Website
07/01/2021
Biaya Pembuatan Website

Salah satu pertanyaan yang paling banyak kami terima melalui live chat website maupun melalui Whatsapp yaitu : berapa biaya pembuatan website di TNC Digital Media dan berapa lama estimasi pengerjaannya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini kami akan membagikan sedikit informasi mengenai biaya pembuatan website di TNC Digital Media.

Sebenarnya tidak ada patokan umum mengenai biaya pembuatan website, sebab biaya pembuatan website itu sendiri menyesuaikan dengan kebutuhan Anda yang berkaitan dengan tampilan, fitur, konten website serta fungsi dari website yang akan Anda buat tersebut.

Agar lebih memudahkan Anda dalam menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut kami tampilkan informasi mengenai pembuatan website yang kami bagi kedalam 2 (dua) kategori yaitu pembuatan website gratis dan pembuatan website berbayar versi TNC Digital Media.

Pembuatan Website Gratis

Tidak selamanya pembuatan website itu berbayar, Anda juga dapat membuat website secara gratis namun tentunya ada keterbatasan dari segi tampilan dan fitur yang tersedia. Ada banyak platform yang menyediakan layanan website gratis yang bisa Anda buat sendiri dengan template yang sudah tersedia. Salah satu platform yang paling banyak diminati yaitu Wordpress. Apabila Anda adalah seorang pemula dan hal tersebut (keterbatasan fitur & tampilan) bukanlah masalah bagi Anda, maka Anda bisa memilih opsi ini.

Jika Anda membutuhkan website hanya untuk menampilkan informasi, portofolio, hasil karya (lukisan, foto, kerajinan tangan dll), maupun menampilkan produk/jasa yang Anda tawarkan, mungkin Anda bisa memanfaatkan platform wordpress dimana Anda bisa membuat website secara gratis dengan menggunakan template website yang tersedia dan tentunya gratis namun dengan fitur yang terbatas.

Jika Anda seorang penulis dan ingin memiliki website untuk menampilkan hasil tulisan maupun artikel, kami sarankan untuk membuat sebuah blog pada platform Blogger dimana Anda bisa membuat blog secara gratis namun tentunya dengan fitur dan template yang terbatas.

Pembuatan Website Berbayar

Jika Anda adalah seorang yang mengutamakan tampilan, fitur dan fungsi serta sedang membutuhkan website, mungkin opsi kali ini sangat tepat untuk Anda. Untuk membuat website yang sesuai dengan kebutuhan Anda, maka Anda bisa mencari jasa pembuatan website yang menyediakan layanan pembuatan website berbayar dengan fitur, tampilan, fungsi yang sesuai dengan keinginan Anda.

Biasanya website yang masuk kedalam kategori website berbayar yaitu website yang dapat di kostumasi dari segi tampilan dan fitur.

Opsi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat website company profile, toko online, maupun marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dll.

Dengan menggunakan layanan perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan website seperti TNC Digital Media, Anda tidak perlu repot membuat desain website, tata letak, dll.

Anda cukup memberikan contoh website yang Anda jadikan referensi untuk kemudian pihak penyedia jasa akan membuatkan website dengan tampilan yang sama seperti website yang Anda jadikan referensi namun tentunya dengan desain yang disesuaikan.

Website Gratis Juga Butuh Biaya

Dari penjelasan di atas, Anda tentunya sudah sedikit paham mengenai pembuatan website berdasarkan biaya yang dikeluarkan. Namun, ada hal yang perlu Anda perhatikan yaitu website gratis juga butuh biaya. Mengapa website gratis tetap butuh biaya? jawabannya yaitu ada komponen lain yang perlu Anda miliki agar website Anda dapat tayang serta muncul di laman pencarian. Dan untuk memiliki komponen tersebut, Anda perlu mengeluarkan biaya.

Berikut adalah komponen-komponen pendukung yang harus Anda miliki sebelum maupun setelah membuat website :

1. Web Hosting

Web Hosting merupakan sebuah tempat untuk menyimpan seluruh data dan file pada website Anda. Biaya untuk sebuah Web Hosting yaitu berkisar antara Rp 10 ribu hingga Rp 720 ribu perbulan. ada banyak jenis paket hosting yang bisa Anda pilih seperti shared hosting, cloud hosting, dan VPS hosting.

2. Domain

Domain merupakan komponen paling penting yang menentukan apakah website Anda mudah ditemukan ataupun sulit ditemukan di mesin pencarian. Domain merupakan identitas dari website Anda.

Pilihlah nama domain yang singkat, mudah diingat, serta pastikan kalau Anda memilih ekstensi yang tepat seperti .COM untuk umum/komersil, CO.ID untuk perusahaan di Indonesia (pastikan sudah berupa CV/PT), dan .NET untuk penyedia layanan internet. Harga sebuah domain bervariatif mulai dari Rp. 14 ribu hingga Rp. 300 ribu.

3. Plugin

Plugin merupakan sebuah alat atau tools untuk memudahkan Anda dalam menambahkan fitur tertentu pada website. Plugin tidak hanya tersedia dalam versi gratis namun juga tersedia dalam versi berbayar dengan fitur yang lebih banyak, sementara plugin gratis cenderung memiliki fitur yang terbatas

4. Biaya Tambahan Lainnya

Selain Web Hosting, Domain dan Plugin, ada biaya tambahan lainnya yang bersifat opsional seperti SSL yang berfungsi untuk mengamankan lalu lintas data di website Anda. Dengan SSL, website Anda akan lebih aman dari serangan Hacker. Ada 2 (dua) pilihan SSL yang bisa Anda pilih yaitu yang gratis maupun yang berbayar.

Untuk SSL berbayar, Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp. 115 ribu/tahun.

Total Biaya Pembuatan Website

Setelah Anda mengetahui gambaran tentang pembuatan website beserta komponen-komponen yang harus disiapkan sebelum maupun setelah membuat website, mari kita coba hitung berapa biaya yang Anda butuhkan untuk membuat website.

Jika anda berencana untuk membuat website versi gratis melalui platform Wordpress, Anda cukup mengeluarkan biaya untuk Web Hosting, Domain, Plugin dan SSL. Dengan biaya kurang dari Rp. 1 juta, Anda sudah bisa memiliki sebuah website standar.

Lalu, berapa biaya yang harus dikeluarkan jika Anda memilih untuk membuat website di TNC Digital Media? jawabannya yaitu kembali lagi ke kebutuhan Anda yang berkaitan dengan tampilan, fitur, konten website serta fungsi dari website yang akan Anda buat tersebut.

Untuk biaya pembuatan website di TNC Digital Media yaitu mulai dari Rp. 5 Juta rupiah, Anda sudah bisa memiliki website dengan standar profesional. Untuk informasi lebih lengkap mengenai biaya pembuatan website di TNC Digital Media, silahkan klik disini.

Kabar Baik

Kabar baiknya, saat ini TNC Digital Media sedang mengadakan promo spesial tahun baru 2021 khusus untuk pembuatan website maupun penggunaan aplikasi Salesproof.

Dengan mengambil promo ini, Anda akan mendapatkan potongan harga spesial sebesar 21% dari total biaya pembuatan website. Silahkan klik disini untuk info lebih lengkap mengenai promo spesial tahun baru dari TNC Digital Media.

Segera ambil promo ini untuk mendapatkan harga spesial dari TNC Digital Media.

Sekarang Anda sudah tahu berapa biaya yang Anda butuhkan untuk membuat sebuah website yang nantinya dapat menunjang bisnis maupun usaha yang sedang Anda jalankan. Karena website merupakan investasi terbaik untuk menjalankan bisnis di era teknologi seperti saat ini.

Jadi, kapan mau buat website?

Salam Sukses,

TNC Digital Media, Your Best Technology Solution Partner




Label: Promo
0 | 0
Label