Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

Merintis bisnis yang menggunakan basis website ataupun situs adalah trend bisnis yang tengah banyak digandrungi oleh banyak pebisnis di saat ini. Dengan menggunakan website, anda dapat dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit dari website atau situs yang anda kelolah, entah itu dari penjualan produk yang anda promosikan ataupun PPC(Pay Per Click) dari iklan yang terpasang dari website anda.

Hal inillah saat ini banyak pebisnis yang mulai mempertimbangkan membangun sebuah situs atau website bisnis pribadi mereka, contohnya adalah website e-commerce. Untuk dapat menghasilkan uang dari website, anda harus memiliki website yang proporsional dan juga professional. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dengan baik untuk membuat suatu website menjadi professional, salah satunya adalah hosting.

Hosting adalah salah satu pertimbangan paling penting dan dasar dalam pembangunan sebuah website professional, hosting sendiri merupakan sebuah space atau penyimpanan dari data website yang anda kelolah, data-data tersebut juga menyangkut data upload dan juga download dari website anda. Pemilihan hosting akan sangat berpengaruh kepada performa website anda nantinya, hal tersebut hosting sangat terkait dengan kecepatan akses dan bandwidth dari website anda.

Salah satu yang paling terkait dengan hosting adalah performa dari bandwidth, bandwidth adalah kapasitas/ capacity transfer data yang dimiliki oleh suatu hosting. Secara lebih sederhana, bandwidth juga dapat diartikan sebagai kecepatan download dan juga loading suatu website dalam kapasitas tertentu.

Bandwidth dari suatu hosting website akan menentukan banyaknya akses yang dapat website anda lakukan, hal tersebut dikarenakan bandwidth memilik keterbatasan dan akan berkurang seiring dengan banyaknya akses yang dilakukan oleh suatu website atau situs. Bandwidth sendiri dalam bidang IT memiliki peran sebagai pengukur kapasitas dari suatu hosting website. Oleh sebab itu, sebelum memilih hosting, bandwidth adalah salah satu poin atau detail yang harus anda periksa, terutama untuk anda yang membangun website untuk bisnis.

Dikarenakan bandwidth dari sebuah hosting memiliki keterbatasan, maka penting bagi webmaster dalam lebih efisien dalam menggunakan bandwidth yang mereka miliki. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dipergunakan untuk menghemat pemakaian bandwidth website anda:

Pertimbangkan kegunaan website
Jika anda menggunakan website anda untuk menyajikan data yang mudah diupload/ download oleh internet user secara cuma-cuma alias gratis, anda sebaiknya menggunakan hosting yang gratisan. Namun jika penggunaan website anda ditujukan untuk bisnis, anda sangat disarankan menggunakan hosting berbayar yang menyajikan bandwidth yang lebih besar dan dapat diupgrade.

Memilih background website
Menghemat penggunaan bandwidth juga dapat dilakukan dari segi tampilan website, dimana anda dapat menggunakan warna website #ffffff sebagai pilihan. Kode warna itu adalah kode warna template website dengan background putih.

Menggunakan aplikasi
Untuk menghemat bandwidth hosting anda, anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi  berbasisi Javascript”PHP5”. Aplikasi PHP5 ini memiliki fungsi  untuk secara otomatis mencegah website menampilkan testimony dan juga spasi yang tidak diperlukan.