Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

Domain dan juga hosting merupakan 2 elemen penting dalam suatu website, kedua hal ini akan menentukan seberapa bagus kualitas website yang anda sedang bangun dan kembangkan. Mari ulas kedua bagian ini satu per satu, dimulai dari domain. Domain adalah sebuah identitas server berupa nama yang diberikan untuk mempermudah proses identifikasi alamat IP/ IP adress suatu situs atau website. Domain ditujukan untuk mempermudah internet user dalam mengingat dan mengunjungi kembali situs yang telah ia kunjungi sebelumnya.

Domain sendiri tersedia dalam versi gratis dan berbayar, tentu keduanya memillik banyak perbedaan dalam segi pelayanan dan juga kualitas yang ditawarkan. Domain yang berbayar cenderung dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan dengan domain yang gratis. Beralih ke hosting, hosting adalah space/ storage/ penyimpanan yang berfungsi menampung dan menyimpan data dari suatu website, termasuk data upload dan download. Sama halnya dengan domain, hosting juga memiliki peran yang sangat penting dalam kinerja dari suatu website/ situs.

Hosting akan sangat berkaitan dengan jumlah space yang ditawarkan oleh penyedia, kecepatan loading halaman/ kecepatan akses dan beberapa hal lainnya, oleh karena pemilihan web hosting/ penyedia hosting harus sangat diperhatikan. Seperti halnya domain, hosting juga banyak ditawarkan dalam versi gratis. Namun hosting yang tidak berbayar alias gratisan memiliki banyak keterbatasan dalam space dan juga hal lainnya. Jika anda menggunakan website atau situs yang ditujukan untuk bisnis, pemilihan domain dan hosting berbayar adalah pilihan mutlak untuk anda guna mendapatkan kualitas terbaik untuk website anda.

Untuk membantu anda terkait pemilihan domain dan hosting website, berikut ini ada beberapa tips efektif dalam membeli domain dan juga hosting yang dapat anda jadikan acuan:

Tips membeli domain:
•Memilih domain dari web hosting/ penyedia hosting dan domain yang memiliki track record/ nama baik di bidang penyediaan hosting dan domain. Selain itu anda juga harus mengetahui kualitas server yang nantinya digunakan untuk website anda.
•Memilih domain yang mencerminkan tujuan dari website anda. Contoh, jika website anda digunakan untuk bisnis biro perjalanan, pertimbangkan untuk memilih nama domain yang sesuai dengan tema bisnis anda.
•Memilih nama domain yang menarik dan SEO friendly. Ketika anda membeli domain, pastikan bahwa nama domain tersebut menarik dan memenuhi poin SEO. Hal ini akan mempengaruhi visibilitas website di pencarian atau penelusuran internet search engine nantinya.

Tips Membeli hosting
•Membeli hosting dari web hosting/ penyedia hosting yang memberikan jaminan kualitas dan keamanan server. Hal ini akan menghindarkan anda dari sejumlah masalah/ error saat pengelolahan website anda nantinya.
•Memilih web hosting yang memberikan dukungan secara penuh pada website anda. Tidak jarang dalam mengelolah ataupun menjalankan website, terjadi error pada server website anda. Di sinilah, peran web hosting dan dukungannya dibutuhkan untuk mengatasi website anda alami.
•Mempertimbangkan kecepatan akses dari hosting juga sangat penting, hal ini akan memberikan dan menentukan seberapa cepat akses ke halaman website anda nantinya.