Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

Domain dan juga hosting adalah dua kata yang sangat akrab dengan pembangunan atau pembuatan suatu website, kedua hal ini dapat dikatakan hal yang penting dalam pengembangan website. Namun khusus pada kali ini, domain akan menjadi satu-satunya poin yang akan dibahas sebagai topik pembicaraan. Namun apakah pengertian dari domain itu sendiri?.

Domain dapat dijelaskan sebagai nama yang dipergunakan untuk proses identifikasi alamat IP address server komputer seperti email server ataupun web server. Keberadaan domain memberikan kemudahan akses pada suatu situs ke server lain dan juga mempermudah server dalam mengingat server yang dikunjungi.

Ketika anda memutuskan untuk membangun/ membuat sebuah website atau  situs menggunakan jasa web developer , domain adalalah salah satu hal yang pastinya akan ditawarkan oleh jasa pengembang website yang anda gunakan. Domain sendiri terbagi atas 3 kelas berbeda yaitu:

Top level domain
Top level domain adalah domain situs yang memiliki deret nama seperti berikut ini:
•.com (dotcommercial)
•.net (dotnetwork)
•.org(dotorganization)
•.edu(doteducation)
•.gov(dotgoverment)
•Dan masih banyak yang lain

Domain jenis ini  juga terbagi atas 2 tipe  berbeda yaitu Global Top Level Domain (GTLD) dan juga Country Code Top Level Domain (CCTLD). Global Top Level Domain (GTLD) adalah top level domain umum yang telah disebutkan sebelumnya, sedangkan Country Code Top Level Domain (CCTLD) merupakan top level domain untuk suatu negara, contohnya: untuk Indonesia Top Level Domain yang banyak digunaka adalah co.id, net.id, or.id, web.id dan lainnya.

Second level domain
Second Level domain adalah nama domain yang telah anda registarsikan atau daftarkan. Sebagai contoh sederhana, apabila nama domain anda adalah broke.com, maka broke adalah namadd dari Second level domain anda dan .com adalah top level domain anda.

Third level domain
Third level domain dapat dijelaskan sebagai nama domain ditambahkan sebelum second level domain. Sebagai contoh, apabila broke.com adalah nama domain anda, maka anda dapat menambahkan third level domain pada bagian depan sebelum second level domain(broke), contohnya: mail.broke.com.

Untuk membantu  serta mempermudah anda dalam pembelian domain, berikut ini ada beberapa rangkuman tips membeli domain yang mungkin dapat anda pergunakan :
•Membeli domain dari penyedia hosting dan domain yang terpercaya( jelas), memiliki badan usaha/ bentuk fisik. Hal ini penting untuk mendapatkan support penuh dari web develope yang anda sewa jasanya.
•Membeli domain dengan alamat yang sesuai dengan tema yang dari website yang anda akan dirikan. Hal ini akan membuat bisnis anda lebih cepat dikenali dan ter-index di mesin pencari
•Memilih dan menggunakan nama domain yang memiliki poin yang dapat menarik pengunjung, mudah untuk diingat dan juga tidak rumit.
•Membeli nama domain yang memenuhi konsep atau persyaratan SEO(Search Engine Optimization) friendly seperti mencantumkan keyword bisnis anda dalam nama domainnya, hal tersebut akan memudahkan dan meningkatkan visibilitas website anda terhadap SERP/ pencarian internet search engine.

Pertimbangkan untuk membeli domain dengan extentsion .com, .net dan .biz.