Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

Untuk menjalankan bisnis online dengan menggunakan media internet sebagai sarana bukanlah hal yang instan dan mudah dilakukan, dibutuhkan pemahaman yang lebih mengenai internet marketing yang baik untuk menaikan pamor produk/ layanan jasa yang anda tawarkan di bisnis online milik anda. Jika bicara mengenai bisnis online seperti ini, tentu hal-hal yang akan berkaitan adalah SEO (Search Engine Optimization), email marketing, affiliate marketing, content marketing, viral marketing dan juga marketing dengan menggunakan media sosial.

Namun diluar beberapa hal-hal berkaitan yang disebutka sebelumnya, internet marketing juga harus ditunjang dengan strategi pemasaran yang tepat. Berikut  ini adalah beberapa langkah strategi yang dapat menunjang internet marketing:

Pembuatan nama produk/ brand
Nama brand dapat dikatakan sebuah pencitraan bisnis anda, sehingga mendesain nama brand dengan tepat adalah hal yang penting. Rancanglah desain brand yang dapat menggambarkan visi bisinis anda dan juga produk yang anda tawarkan pada target konsumen anda. Selain itu, usahakan untuk membuat brand yang dapat dengan mudah diingat oleh konsumen anda.

Menganalisa pesaing/ kompetitor
Tentu dalam usaha atau bisnis online, anda bukanlah satu-satunya pelaku yang menjual produk atau layanan jasa. Tidak jarang pula, ada pebisnis lain yang menjual produk atau layanan yang sama dengan yang anda tawarkan/ jualkan pada konsumen anda. Untuk memenangkan kompetisi dalam bidang bisnis online dengan kompetitor yang menjual produk atau layanan yang sama inilah, hal yang perlu anda lakukan adalah menganalisa strategi pemasaran yang digunakan oleh kompetitor anda. Pelajari dan teliti bagaimana cara kompetitor/ pesaing anda mempromosikan bisnis onlinenya dan juga riwayat bisnis kompetitor anda. Hal tersebut akan membuat anda dapat merancang strategi pemasaran yang lebih baik dibandingkan pesaing/ kompetitor anda.

Menganalisa pasar
Memahami pasar adalah salah satu inti dari setiap jenis bisnis, termasuk juga bisnis online. Pemahaman mengenai pasar ini dapat diperoleh dari menganalisa pasar terkait:

•Jenis kelamin target konsumen anda
•Lokasi penjualan
•Umur target konsumen
•Jumlah pendapatan
•Profesi target konsumen
•Waktu penjualan
•Pengeluaran bisnis anda

Pembuatan strategi pemasaran
Strategi pemasaran ini lebih banyak terkait dengan penerapan pengaturan tertentu agar bisnis dapat berkembang dan mudah ditemukan di pencarian internet. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan:

•Menerapkan SEO (Search Engine Optimization) friendly pada website e-commerce(untuk pebisnis toko online). Hal ini akan meningkatkan posisi website komersil miliki anda di mesin pencari seperti Google dan Yahoo.
•Penerapan SEM (Search Engine Marketing), hal ini hampir sama dengan penerapan SEO(Search Engine Optimization) namun hanya bersifat menaikan traffic pengujung website/ toko online secara massive. Cara yang satu ini sangat terkait dengan menggunakan Google Adwords dengan memasang iklan, contohnya pemasangan iklan di Youtube.
•E-mail Marketing(Pemasaran menggunakan media email/ mengirim email berisi konten promosi).

Promosi menggunakan media sosial( membuat iklan di sejumlah media sosial seperti Facebook, Twitter, instagram dll).