Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

Mungkin masih banyak dari anda yang belum mengenal sistem protokol keamanan bernama Secure Socket Layer(SSL), Secure Socket Layer(SSL) ini adalah salah satu bagian penting yang harus diketahui oleh para webmaster ataupun internet user untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih aman/ secure. Demi menjelaskan lebih detail, berikut pembahasan terkait dengan Secure Socket Layer(SSL) ini.

Secure Socket Layer(SSL) dapat didefinisikan secara lebih sederhana sebagai suatu protokol layer transport yang dipergunakan untuk mendapatkan keamanan dalam menggunakan jaringan internet. Dalam sistem operasinya, protokol keamanan ini menawarkan 3 level tingkat kemanana/ security level kepada penggunannya, meliputi:

Authentication
Authentication ini adalah sistem level keamanan Secure Socket Layer(SSL) yang berfungsi untuk pemastian bahwa pesan/ message yang diterima adalah berasal dari pihak yang tersurat.

Confidentiality
Confidentiality  adalah sistem level keamanan Secure Socket Layer(SSL) yang berfungsi untuk melindungi suatu message/ pesan dari penerima yang tidak berhak yang berusaha membaca pesan tersebut.

Integrity
Integrity adalah sistem level keamanan Secure Socket Layer(SSL) yang bertugas dalam memastikan bahwa pesan adalah asli dan tidak mengalami perubahan.

Sistem protokol keamanan Secure Socket Layer(SSL) ini sendiri pertaman kali diciptakan dan dikembangkan oleh Netscape Communications demi  memberikan kemanan dalam transfer data melalui internet. Secure Socket Layer(SSL) dapat ditemukan dengan mudah pada protokol online https, protokol online https ini sangat sering digunakan untuk kepentingan transaksi online. Huruf s pada https tersebut adalah singkatan dari kata secure/ aman.

Untuk anda yang belum mengenal apa itu https, https adalah sebuah protokol yang dipergunakan untuk melakukan transfer data melalui website. https ini dapat dikatakan sebagai evolusi dari protokol http yang menawarkan keamanan lebih tinggi dalam hal transfer data. Dari beberapa poin, https memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan protokol http, berikut ini beberapa perbedaan tersebut:
•http pada umumnya melakukan koneksi internet dengan menggunakann port 80, hal ini berbeda dengan https yang menggunakan port 443.
•Protol http melakukan pengiriman data dengan menggunakan basis plain text, sedangkan protokol https menggunakan basis Secure Socket Layer(SSL) untuk pengiriman atau transfer data.

Ketika anda melakukan shopping/ berbelanja secara online, sangat penting bagi anda untuk memastikan bahwa online store dimana anda bertransaksi menggunakan protokol https.

Agar dapat menggunakan atau mendapatkan protokol keamanan Secure Socket Layer(SSL)  untuk host website anda, cara yang perlu dilakukan cukup sederhana yaitu:
•Memastikan bahwa web server anda dapat men-support inkripsi Secure Socket Layer(SSL).
•IP address public pada website anda haruslah unik, hal ini terkait dengan penyediaan certificate Secure Socket Layer(SSL) oleh penyedia CA.

Sertifikasi Secure Socket Layer(SSL) pada penyedia Secure Socket Layer(SSL)/ penyedia CA.