Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

PROSEDUR WEBSITE CUSTOM

STRATEGI DALAM MENENTUKAN HARGA DALAM PEMBANGUNAN WEBSITE APLIKASI

 

PENDAHULUAN


Untuk mendapatkan nilai harga dari suatu pekerjaan diperlukan pengetahuan tentang komponen-komponen yang harus diperhitungkan sehingga akan didapat harga yang tepat atas pekerjaan tersebut. Seperti dalam menganalisa harga membangun rumah tidak terlalu sulit jika sudah mempunyai data tentang luas rumah yang akan dibangun, bahan yang digunakan dan harga satuan upah maupun bahan. Dengan data tersebut sudah dapat diestimasi harga untuk membangun rumah karena semua komponen data sudah terukur dan juga sudah tersedia standar harga yang baku.

Akan tetapi dalam menganalisa harga pembuatan website aplikasi tidaklah semudah dalam menganalisa harga pembangunan rumah, karena komponen – komponen yang dihitung tidak ada standar yang baku dan tidak mungkin dibakukan. Atas hal tersebut saat ini dalam perhitungan nilai pembuatan website aplikasi seringkali terjadi kesalahan estimasi, terkadang suatu software dapat dinilai terlalu mahal ataupun terlalu murah.

Untuk itu perlu ada suatu batas kewajaran dalam estimasi biaya pembuatan website aplikasi walaupun tidak semua komponen dapat dibatasi, akan tetapi salah satu komponennya yaitu penggunaan tenaga ahli dapat dinilai batas kewajarannya.

Komponen tenaga ahli dalam proyek pembangunan website aplikasi di Departemen mempunyai porsi paling besar yaitu 60% (menurut Keppres RI No. 80 tahun 2003, tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) karena termasuk jasa konslutansi. Dalam estimasi penggunaan tenaga ahli terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan tenaga ahli baik kualifikasi maupun jumlahnya, sehingga menyebabkan nilai total pembangunan website aplikasi menjadi high cost atau sebaliknya low cost.

Ketepatan dalam menghitung nilai suatu proyek pembangunan website aplikasi dapat dicapai apabila mempunyai informasi tentang tujuan pembangunan website aplikasi, ruang lingkup pekerjaan serta data-data yang akan dihubungkan ke dalam website tersebut. Dari data dan informasi tersebut akan mudah untuk menghitung komponen – komponen dalam pembuatan website.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam perhitungan biaya pembuatan software tepat, diperlukan suatu pedoman tentang cara menentukan batas kewajaran dalam perhitungan biaya terutama dalam penggunaan tenaga ahli yang merupakan komponen terbesar

PROSEDUR WEBSITE CUSTOM

RUANG LINGKUP PEMBUATAN WEBSITE APLIKATIF

Penentuan tenaga ahli yang tepat tentunya harus didasarkan pada standar yang sudah baku yaitu seperti tenaga ahli : analis sistem, programmer, ahli integrasi sistem, statistik, web design, networking dan sebagainya. Tenaga ahli tersebut tentunya tidak dapat semuanya dapat dipekerjakan dalam suatu proyek, hal ini sangat tergantung pada ruang lingkup dan tujuan pembangunan web applikasi.

Dengan mengetahui ruang lingkup pekerjaan maka akan mudah menentukan penggunaan tenaga ahli berdasarkan tahapan kegiatan yang akan dilakukan, dari hasil survey lapangan didapat data tentang ruang lingkup pekerjaan yang digunakan dalam pembuatan web applikasi, seperti dapat dilihat pada tabel 1

Permasalahan yang timbul setelah penggunaan tenaga ahli ditetapkan adalah menetukan berapa orang dan lamanya tenaga ahli dalam mengerjakan tahapan kegiatan. Berdasarkan hasil survel lapangan dan didukung dengan teori yang didapat dari studi kepustakaan didapat data bahwa untuk menentukan lamanya pekerjaan adalah berdasarkan data historis, sehingga untuk menyatakan bahwa suatu proyek dapat dilaksanakan oleh berapa orang tenaga ahli dan dapat dilakasanakan berapa lama adalah berdasarkan pada pengalaman pada proyek sebelumnya tidak dengan mengggunakan rumus-rumus seperti pada bidang ilmu lainnya.

Dalam Tabel.2 dapat dilihat jadwal pelaksanaan yang dapat dilaksanakan oleh perusahaan jika diminta untuk membangun aplikasi website, data ini didapat dari survey lapangan

 

Hasil survey lapangan terhadap pembangunan website aplikatif (data diperoleh dari perusahaan bidang pembuatan website aplikatif, dimana perusahaan tersebut diminta untuk membuat estimasi website dengan tingkat kesulitannya tidak terlalu tinggi) menunjukan bahwa pelaksanaan pembangunan website dapat dilaksanakan selama 4 bulan.

Jangka waktu selama itu setelah dikonfirmasi terhadap sumber data didapat berdasarkan pengalaman yang sebelumnya dan sudah dibuktikan pada proyek sebelumnya bahwa dengan jangka waktu 4 bulan untuk proyek pembangunan website aplikatif sederhana (tidak terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lain) dapat dilaksanakan.

Setelah mengetahui jadwal pelaksanaan serta ruang lingkup pekerjaan, maka harga dari pembangunan website tersebut bisa didapat. Tentunya perkalian yang umum dipakai adalah jumlah tenaga ahli dikali lamanya bekerja kemudian dikali dengan harga upah (man month) dari tenaga ahli tersebut.

PROSEDUR WEBSITE CUSTOM

KESIMPULAN


Hasil dari diskusi di atas adalah :

 
1. Perhitungan biaya pembuatan software tidak dapat dibakukan dengan mudah karena variable nya sangat banyak serta sudut pandang atau kebutuhan bisa berbeda antara satu perusahaan atau institusi yang satu dengan lainnya.

2. Untuk menentukan biaya pembuatan software diperlukan data historis atau data biaya pada proyek yang sejenis yang pernah dilakukan. Karena ini menyangkut man-hours, skill pekerja, kelangkaan tenaga ahli, sifat dari proyek.