Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

Website saat ini telah menjadi sebuah hal penting dalam bisnis, baik website tersebut digunakan untuk meghasilkan uang melalui iklan ataupun untuk bisnis online alias website e-commerce. Dalam membangun website, pemilihan hosting terbaik adalah poin yang tidak boleh luput atau diabaikan. Hosting sendiri adalah space/ tempat yang dapat menghandle/ menampung data-data website yang anda jalankan.

Kualitas dari hosting yang dipilih akan mempengaruhi kinerja dan juga performa  dari suatu website,  website bahkan dapat menjadi terlihat tidak baik/ professional tanpa hosting yang baik. Untuk membantu anda dalam memilih hosting terbaik untuk website anda, berikut ada beberapa poin penting yang harus anda pertimbangkan sebelum menyewa atau membeli hosting:

Dukungan/ suport
Poin yang satu ini kerap sekali dinomor duakan hingga bahkan dibaikan, padahal keberadaaan dukungan dan support dari pihak penyedia hosting adalah bagian yang paling penting dalam memilih hosting terbaik untuk suatu website yang anda jalankan. Pada dasarnya, pihak penyedia hosting bukan hanya menjual bandwith, sofware, tool ataupun CPU, namun menjual dukungan dalam menjalanakan website yang akan anda bangun. Bentuk dukungan tersebutlah yang berupa beberapa poin yang disebutkan sebelumny seperti bandwith, tool dan lain-lain. Keberadaan dari support yang disediakan oleh penyedia hosting inilah yang membedakan antara penyedia hosting professional dengan penyedia hosting gratisan. Sehingga sangat pengting untuk anda untuk melewatkan poin ini ketika memilih sebuah hosting.

Fitur hosting
Untuk dapat menjalankan website dengan baik, tentunya anda membutuhkan yang namanya tool dan juga fitur pendukung hosting. Tanpa aplikasi dan fitur yang memadai, maka website anda tidak akan berjalan dengan baik. Apalagi website anda ditujukan untuk bisnis, maka hal ini akan memberikan dampak serius pada bisnis yang anda tengah kembangkan. Penyedia hosting/ provider yang baik biasanya akan menyediakan aplikasi/ software/ fitur standar yang update dalam menjalankan website seperti PHP, Perl dan MySQL. Selain itu, keberdaaan fitur lainnya seperti antivirus, antispam di server SMTP juga amat dibutuhkan. Hal tersebut adalah pertimbangan lain yang harus sangat anda pertimbangkan untuk memilih hosting terbaik untuk website anda.

Backup
Dalam penjalanan atau pengoperasian website, tidak jarang anda akan menemukan masalah error pada server anda yang menyebabkan hilangnya data  website anda. Untuk itu, sebelum membeli atau menyewa sebuah hosting untuk website anda, ada baiknya anda memastikan bahwa pihak penyedia hosting/ provider rutin melakukan backup.  Hal ini sangat penting, dikarenakan banyak sekali pengalaman dan kasus dimana kehilangan data website terselamatkan dikarenakan provider/ penyedia hosting yang rutin melakukan backup data. Dalam memilih hosting terbaik, anda sebaiknya menghindari provider/ penyedia hosting yang menerapkan policy/ aturan tidak jelas terkait back up data yang kadang dilakukan dengan jangka waktu yang tidak jelas( mingguan bahkan bulanan).