Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

Apakah anda pernah mendengar mengenai HRM system/ Human Resources Management System sebelumnya dan apakah ini sama dengan HRD atau bagian SDM/Sumber daya manusia? Berikut ini adalah uraian yang dapat sedikit menjelaskannya.

HRM system/ Human Resources Management System dapat didefinisikan sebagai sebuah perangkat sistem yang memiliki peran fungsional dalam pengaturan/ pengelolahan SDM/ Sumber Daya Manusia secara lebih optimal. Hal ini berbeda dengan HRD atau bagian SDM/ Sumber Daya Manusia yang merupakan struktural organisasi dari sebuah perusahaan yang memiliki tanggung jawab dalam bidang pengelolahan SDM/ Sumber daya Manusia.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai HRD, anda harus mengetahui poin-poin dasar dalam implementasi HRD yang terkait dengan struktural, fungsional dan juga managerial.  Berikut penjelasannya:

Secara Struktural

  • HRD merupakan sebuah bagian dari komponen organisasi suatu perusahaan yang memiliki pengelolahan sistem, hubungan dengan divisi-divisi lainnya serta tanggung jawab kepada manajemen perusahaan. Apabila dibahas secara struktural, HRD suatu perusahaan memiliki pean dan tanggung jawab dalam pengelolahan aset suatu perusahaan. HRD sendiri dapat dibagi menjadi beberapa sub-divisi secara struktural yaitu:
    Recruitment specialist(bertanggung jawab terhadap sistem perencanaan dan juga proses seleksi pegawai/ karyawan)
  • Training management(bertanggung jawab atas sistem perecanaan, pengelolahan dan juga mengembangkan program training untuk para pegawai/ karyawan)
  • Performance appraisal and career management(bertanggung jawab atas penilaian kinerja dan juga mengelolah sistem karir)
  • Personal management(bertanggung jawab atas personal data base serta penyelenggaraan adm/ administrasi pengelolah Sumber Daya Manusia/ SDM di dalam sebuah perusahaan/ organisasi)
  • HR Legal and industrial relationship(bertanggung jawab atas pengelolah sistem ketenagakerjaan serta hubungan kerja)
  • Reward and remuneration(bertanggung jawab atas sistem pengupahan yang sesuai dengan klasifikasi jabatan)
  • Organizational development(bertanggung jawab atas pengembangan organisasi berdasarkan visi dan misi perusahaan)
  • Terminating management(bertanggung jawab atas pengelolahan persiapan masa pensiun pegawi/ karyawan)

Secara fungsional
HRD secara fungsional adalah sebuah divisi yang berperan secara fungsional dalam proses perencanaan, pengelolahan serta pengembangan SDM/ Sumber Daya Manusia sesuai dengan visi dan misi yang dianut oleh perusahaan terkait. HRD juga memiliki fungsi strategik terkait denagan pengembangan suatu perusahaan.

Secara managerial
Jika dipahami dari sisi managerial, HRD adalah divisi yang di dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang berperan dalam pengarahan divisi-divisi lainnya yang terkait dengannya untuk dapat berkinerja lebih optimal serta berperan aktif di dalam integrasi sistem managemen yang terdapat pada suatu organisasi agar berjalan sesuai arah tujuan bisnis dari perusahaan terkait.

HRM system/ Human Resources Management System
Kembali membahas tentang HRM system/ Human Resources Management System, HRM system/ Human Resources Management System ini juga dapat didefiniskan sebagai sebuah sistem yang terdapat pada sebuah divisi HR/ Human Resource yang memiliki fungsi sistematis dalam pengaturan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian dan juga pengembangan SDM/ sumber daya manusia demi mencapai tujuan/ goal suatu organisasi atau perusahaan secara lebih efektif dan juga optimal.