Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

Beberapa dari anda mungkin masih belum pernah mendengar mengenai SSL(Secure Socket Layer), SSL(Secure Socket Layer) ini dapat dikatakan sebagai salah satu hal yang penting yang anda harus ketahu sebagai webmaster yang mengelolah sebuah website e-commerce atau yang dikenal juga dengan toko online. Pembahasan kali ini mungkin akan sedikit membantu anda lebih mengenal mengenai apa sebenarnya SSL(Secure Socket Layer) ini.

Mulai dari definisi, SSL(Secure Socket Layer) dapat didefinisikan sebagai sebuah teknologi protokol keamanan standar yang digunakan untuk membuat  link yang dapat terenkripsi antara server dan juga client(web server dengan browser). Teknologi protokol keamanan ini  memiliki fungsi yang sangat significant dalam proses pengamanan data atau informasi personal anda yang terbilang sensitif, sebut saja beberapa diantaranya adalah nomor kartu kredit dan juga nomor jaminan sosial.

Melakuka transaksi secara online memang adalah hal yang amat praktis, namun diluar tersebut juga amat riskan. Mengapa demikian?.

Perlu anda ketahui sebagai pengelolah website, bahwa transfer data/ pengiriman data antara web server dan browser adalah dalam bentuk text. Hal tersebut membuat pengiriman data atau informasi menjadis sangat rentan dengan bahaya penyadapan informasi, dimana ketika penyerang/ hacker mampu mencegat data/ informasi yang dikirimkan melalui web server dan browser, maka orang tersebut akan dapat mengetahui bahkan menggunakan informasi tersebut.

SSL(Secure Socket Layer) inilah yang bertugas agar mencegah penyadapan tersebut terjadi, teknologi protokol keamanan ini akan melakukan penetuan variabel enkripsi  untuk dua link atau data yang akan ditransmisikan, sehingga data atau informasi yang dikirimkan/ ditransfer menjadi lebih aman. Teknologi ini sendiri telah banyak digunakan di dunia internet dengan tujuan pengamanan data/ informasi, terutama transaksi yang dilakukan secara online.

Suatu website atau situs dapat diketahui menggunakan protokol SSL(Secure Socket Layer) ini dengan mengecek pada bagian kolom bar situs. Sebuah situs yang menggunakan SSL(Secure Socket Layer) ini akan memiliki lambang gembok/ lock hijau pada bagian sisi kiri kolom  bar situs yang menandakan bahwa situs tersebut aman, contohnya saja Facebook. Selain itu, website atau situs dengan perlindungan SSL(Secure Socket Layer) umumnya lebih banyak adalah website https dibandingkan dengan http.

Untuk anda yang membangun sebuah website e-commerce/ toko online, keberadaan SSL(Secure Socket Layer) ini sangat anda butuhkan. Seperti yang anda ketahui bahwa salah satu dasar dari pembangunan bisnis” termasuk bisnis online” adalah kepercayaan. Lambang gembok hijau yang menandakan bahwa website e-commerce/ toko online anda telah dilindungi oleh SSL(Secure Socket Layer) akan membuat pelanggan anda lebih yakin dalam memilih toko online anda sebagai pilihan berbelanja/ bertransaksi.SSL(Secure Socket Layer) ini sangat direkomendasikan untuk website bisnis yang banyak terkait dengan pengumpulan informasi kartu kredit dan data pribadi.