Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

Keamanan adalah salah satu hal yang harus anda selaku website developer harusa dapat tawarkan pada visitor website anda. Untuk itulah, sangat penting untuk sebuah website untuk memiliki sistem, teknologi ataupun protokol yang dapat mengamankan setiap data sensitif yang terkait dengan pengunjung ataupun server anda. Apalagi jika website yang anda kelolah adalah jenis website e-commerce, sudah pasti sebuah teknologi keamanan sangat disaranakan untuk anda gunakan. Hal inilah yang akan dibahas lebih mendalam pada bagian ini.

Pernakah sebelumnya anda mendengar mengenai SSL(Socket Secure Layer)?. Untuk anda yang masih pemain baru di dunia pengembangan website(Website development), tentunya istilah SSL(Socket Secure Layer) ini masih sangat baru bagi anda. Menjelaskan untuk anda, SSL(Socket Secure Layer) dapat dikatakan adalah sebuah protokol atau cara sebuah situs untuk membuat/ membangun sambungan/ koneksi yang aman saat internet user melakukan browsing.

Penggunaan SSL(Socket Secure Layer) sebagai sistem keamanan website akan membuat keamanan data sensitif visitor atau pelanggan website anda menjadi terjamin, dimana SSL(Socket Secure Layer) akan mengenkripsi data atau informasi sensitif yang ada. Sehingga data/ informasi yang ditransfer hanya dapat dipahami oleh penerima pesan tersebut dan aman dari hacking/ penyadapan. Selain itu, penggunaan SSL(Socket Secure Layer) juga menawarkan beberapa manfaat lainnya, diantaranya:

Proses otentikasi/ aunthentication
Masih terkait dengan keamanan sertifkat SSL(Socket Secure Layer) akan membantu anda dalam proses otentikasi. Dalam artian sederhana, SSL(Socket Secure Layer) akan memastikan pengiriman informasi via internet secara tepat ke server valid yang anda tuju dan bukannya kriminal server( server penipuan).
Penting anda ketahui bahwa salah satu sifat dasar dari internet adalah proses pengiriman informasi akan melewati beberapa komputer. Hal tersebut membuat kemungkinan bahwa bisa saja salah satu komputer akan berpura website anda dan menipu para visitor ataupun pelanggan website anda untuk mengirimkan sejumlah informasi personal mereka. Resiko tersebut hanya dapat dihilangkan dengan penggunaan Public Key Infrastructure(PKI) dan juga mendapatkan sertifikat SSL(Socket Secure Layer) dari penyedia SSL(Socket Secure Layer) terpercaya.

PCI Compliance
Saat ini banyak sekali transaksi yang dapat dilakukan secara online, SSL(Socket Secure Layer) memiliki peran untuk melindungi data/ informasi transaksi online yang terjadi pada website anda. Selain itu, untuk transaksi yang terkait dengan informasi kartu kredit anda, maka website anda haruslah lolos dari audit tertentu, seperti PCI Compliance dimana anda membutuhkan sertifikat SSL(Socket Secure Layer) untuk dapat lulus.

Peningkatan kepercayaan visitor atau pelanggan anda
Penggunaan internet yang teliti saat ini cenderung lebih memilih situs yang lebih aman untuk mereka kunjungi, hal inilah yang akan ditawarkan oleh situs website yang menggunakan SSL(Socket Secure Layer). Ikon gembok hijau pada sisi kolom browser address menunjukan bahwa suatu website tersebut menjamin keamanan data/ informasi visitor-nya, dari sanalah SSL(Socket Secure Layer) dapat meningkatkan kepercayaan visitor/ pelanggan suatu website.