Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

Apa sih itu Google Adwords?, hal tersebut adalah salah satu pertanyaan yang paling sering oleh para pebisnis baru/ beginner yang baru ingin merambah/ memulai digital marketing/ pemasaran digital. Untuk menjawab pertanyaan yang masih sering diajukan hingga menjelang akhir tahun 2016, berikut ini pembahasan yang dapat menjelaskan sedikit mengenai Google Adwords.

Google Adwords adalah salah satu program yang dikembangkan oleh Google disamping Google Adsense. Jika didefinisikan secara detail, Google Adwords merupakan platform periklanan Google dimana anda dapat melakukan pengaturan konten iklan untuk pengembangan bisnis online anda. Pada penggunaan Google Adwords ini, seorang pengelolah website( entah itu website e-commerce maupun website biasa) tempat penempatan iklan pada Google search/ jaringan Google, bahasa , lokasi target pasar dan juga beberapa hal lainnya.

Dengan menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh salah satu program periklanan favorit sebagian besar website ini dapat membuat strategi pemasaran anda menjadi lebih luas dan tidak terbatas.

Dalam menggunakan Google Adwords, anda harus menargetkan terlebih dahulu calon konsumen anda. Penargetan ini dilakukan berdasarkan topik, keyword, waktu hingga lokasi. Menentukab budget yang akan anda investasikan untuk beriklan di Google Adwords juga amat penting untuk anda pikirkan. Namun sebagai rekomendasi, anda sebaiknya memulainya dengan budget minimum pemasaran sebesar Rp.50.000,00 per-harinya.

Untuk pembiayaan dalam program Google Adwords ini, ada beberapa cara yang diterapkan, yaitu:

*Pay Per Thousand Impression/ biaya per-1000 impresi
Pembiayaan yang satu ini didasarkan pada 1000 orang yang melihat ke iklan anda. Secara singkat dapat dikatakan bahwa anda akan dikenakan biaya untuk 1000 orang yang melihat iklan yang anda pasang. Periklanan dengan pembiayaan yang satu ini terbilang sangat bagus untuk anda yang ingin membangun awareness pasar online.

*Pay Per Clic/ PPC/ Biaya per click
Pembiayaan iklan Google Adwords yang satu ini juga cukup difavoritkan dimana anda akan dikenakan biaya tertentu untuk user internet/ penggunan internet yang mengakses iklan anda/ mengklik iklan anda. Namun berbeda dengan Pay Per Thousand Impression, anda tidak akan dikenakan biaya apabila pengunjung/ penggunan internet hanya melihat iklan yang anda pasang.

*Pay Per Conversion/ biaya per konversi
Jika anda memiliki goal/ tujuan bisnis tertentu untuk periklanan bisnis anda, pembiayaan dengan cara Pay Per Cenversion adalah cara yang paling tepat. Tujuan/ goal bisnis tersebut dapat berupa jumlah pendaftaran member, lamanya waktu per kunjungan ke website anda, tingkat penjualan dan beberapa parameter goal/ tujuan yang lain.

Apabila anda merupakan pebisnis online yang saat ini tengah memikirkan mengikuti program Google Adwords ini , anda disarankan untuk mendaftarkan diri anda pada Adwords Express yang akan mempermudah pengaturan iklan-iklan anda.