Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning atau juga yang lebih akrab dikenal dengan nama perencanaan atau pengelolahan sumer daya perusahaan. ERP merupakan sebuah sistem informasi, software dan juga framework yang diperuntukan dalam proses manajement/ pengaturan/ pengelolahan inventarisasi dan juga kontrol perusahaan, planning untuk distribusi barang, proses produksi, keuangan, pemesanan barang serta sejumlah aktifitas yang terkait dengan industri atau perusahaan yang berbasisis digital.

Penjelasan sebelumnya adalah definisi umum dari ERP(Enterprise Resource Planning) secara luas, namun sebenarnya banyak definisi yang terkait dengan ERP(Enterprise Resource Planning) yang dapat diambil dair para ahli dan berikut ini beberapa diantaranya:

Menurut Daniel E. O’ Leary
ERP(Enterprise Resource Planning) adalah sebuah paket perangkat lunak/ software powerful yang memungkinkan suatu perusahaan untuk melakukan integrasi berbagai fungsi secara terpisah.

Menurut James Hall
ERP(Enterprise Resource Planning) adalah sebuah model sistem informasi yang membuat suatu perusahaan dapat mengintegrasikan atau mengotomatiskan berbagai proses utama dari suatu bisnis.

Menurut Ellen Monk
ERP(Enterprise Resource Planning) adalah perangkat inti/ core software yang digunakan untuk mengkoordinasi informasi pada tiap area bisnis oleh perusahaan.

Saat ini, Sistem ERP(Enterprise Resource Planning) terbilang banyak dibutuhkan oleh perusahaan dikarenakan banyaknya kelemahan dari sistem informasi lama yang bersifat terpisah, adapun kelemahan tersebut meliputi:
•Banyaknya terjadi redudansi data dikarenakan basisnya yang tidak terintegrasi
•Kesulitan mendapatkan informasi terkait data fungsional bisnis dikarenakan proses pengintegrasian data-data yang tersedia.
•Data yang bersifat terpisah sehingga memiliki resiko tinggi untuk mengalami tidak valid.
•Pengguna sistem informasi lama harus melakukan akses sistem dari beberapa fungsional bisnis, hal itu membuat pengguna/ user harus mengingat banyak akun dari masing-masing sistem.

Selain, banyaknya kelemahan yang dimiliki oleh sistem informasi model lama. Keuntungan yang ditawaran oleh sistem ERP((Enterprise Resource Planning) yang jauh menguntungkan dari sistem lama juga menjadi salah satu penyebab mengapa sistem ERP((Enterprise Resource Planning) saat ini lebih banyak dijadikan pilihan oleh banyak perusahaan. Adapun keunggulan yang ditawarkan dari penggunaan sistem ERP(Enterprise Resource Planning) dibandingkan dengan sistem lama adalah berikut:
•Sistem yang terintegrasi, sistem terintegrasi memberikan tingkat data valid yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem lama yang masih terpisah. Selain itu sistem integrasi pada ERP(Enterprise Resource Planning) juga menghilangkan redudansi data.
•Kecepatan dalam memperoleh informasi. Dengan menggunakan sistem ERP(Enterprise Resource Planning), perusahaan dapat mendapatkan informasi yang lebih cepat dikarenakan tidak harus mengintegrasi data yang ada.
•Kepraktisan dalam penggunaan. Berbeda dengan sistem informasi lama yang memiliki akun disetiap sistem yang akan diakses. ERP(Enterprise Resource Planning) menawarkan kepraktisan pada pengguna sistem/ user dengan hanya menggunakan satu portal akses.
•Kontrol terhadap keamanan, ketersediaan serta kehandalan sistem yang menjadi lebih mudah dikarenakan sistem ERP(Enterprise Resource Planning) yang terintegrasi.