Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

Untuk anda yang berprofesi sebagai webmaster professional atau hanya sekadar mengetahui cara me-running/ menjalankan sebuah website, pastinya mengenal istilah Bandwidth. Namun apakah sebenarnya Bandwidth ini dan apakah perannya dalam pengelolahan sebuah website?, mari bahas hal ini secara detail satu persatu.

Mulai dari pengertian Bandwidth, Bandwidth dapat diartikan sebagai besaran atau nilai dari transfer data dari suatu website.  Bandwidth dari sebuah website dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu banyaknya jumlah kunjungan/ banyaknya visitor, besar file yang diakses dan juga halaman situs yang dikunjungi. Dalam pengertian lain yang lebih sederhana, Bandwidth adalah site traffic atau traffic yang menunjukan besarnya data upload dan juga download pada website yang anda kelolah.

Bandwidth dari suatu website dapat terus berkurang seiring dengan semakin sering dan banyaknya jumlah akses dan apabila Bandwidth telah mencapai batasnya maka sebuah banner peringatan “Bandwidth Limit Execceded” akan muncul. Bandwidth dari website sendiri umumnya akan terisi kembali alias direset ke status awal pada awal bulan. Namun jika, website yang anda kelolah termasuk sedang dalam masa-masa puncak perkembangan dimana jumlah kunjungan sedang sangat tinggi dan membuat anda tidak dapat menunggu awal bulan datang, solusi yang dapat anda pergunakan adalah dengan melakukan upgrade hosting ataupun hanya sekadar melakukan penambahan bandwidth.

Meskipun memiliki pengertian yang dapat dikatakan hampir sama dengan data transfer, namun pada dasarnya kedua poin ini adalah hal yang berbeda. Perbedaannya dapat anda langsung temukan pada definisinya dimana bandwidth memiliki pengertian sebagai volume atau site traffic yang ditransfer setiap satuan waktu, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Sedangkan data transfer merupakan nilai/ ukuran traffic data dari suatu website atau lebih sederhananya bahwa Bandwidth adalah rate dari data transfer itu sendiri.

Dalam penggunaan ataupun pengolahan website, bandwidth memiliki peran yang sangat penting, Dengan tersedianya bandwidth yang besar, maka suatu website akan memiliki kecepatan loading yang baik. Hal tersebut dikarenakan, bandwitdh yang besar dapat memungkin transfer data ke server dalam jumlah yang lebih besar pula setiap detiknya.

Untuk pemakaian bandwidth, ada beberapa poin yang mempengaruhi besar pemakaian bandwitdth itu sendiri. Beberapa diantaranya adalah:

Tampilan website
Tampilan website memang sangat penting untuk menarik perhatian pengunjung/ visitor. Namun poin yang perlu anda pahami adalah jangan berlebihan dalam menggunakan konten dan gambar sebagai bagian dari tampilan website anda, hal ini dapat menghabiskan bandwidth anda lebih banyak dibandingkan hanya hanya menampilkan tulisan/ text.

Upload dan juga download
Poin lain yang dapat mempengaruhi pemakaian dari bandwidth adalah kegiatan uploading dan juga downloading, hal ini dapat mengurangi bandwidth dari website anda. Maka sebaiknya anda harus menggunakan account situs anda semaksimal mungkin dengan mengurangi uploading dan downloading yang tidak dibutuhkan.