Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

Jika anda seorang website developer, anda mungkin pernah mendengar istilah SSL(Socket Secure Layer) sebelumnya. SSL (Socket Secure Layer) dapat dibilang sebagai salah satu penting yang sangat disarankan untuk website miliki, dimana keberadaan (Socket Secure Layer) ini sangat erat keberadaannya dengan keamanan dari website tersebut. Jika diibaratkan, (Socket Secure Layer) adalah tulang punggung keamanan yang melindungi setiap data sensitif internet/ server anda.

SSL (Socket Secure Layer) sendiri dapat dijelaskan sebagai sebuah teknologi keamanan yang memberikan keamanan pada browser web ketika menjelajah internet. Dalam arti lain juga dapat dijelaskan bahwa SSL(Socket Secure Layer) ini merupakan cara sebuah situs web untuk dapat menyediakan koneksi yang aman dengan web browser.

Perlu anda ketahui, bahwa sebuah situs atau website yang menggunakan teknologi atau protokol SSL(Socket Secure Layer) ini memberikan jaminan keamanan lebih pada pengunjung/ visitor situs atau website terkait. Pada saat internet user mengunjungi suatu situs website yang menggunakan protokol SSL (Socket Secure Layer) ini, maka sebuah link akan dibuat dan dienkripsi antara sisi browser internet user dan web server, sehingga informasi anda yang ditransfer akan jauh lebih aman. (Socket Secure Layer) telah banyak digunakan untuk melindungi setiap data internet setiap harinya, khususnya data transaksi online.

Situs yang menggunakan teknologi  SSL (Socket Secure Layer) umumnya akan memiliki ikon gembok pada sisi kiri kolom alamat situs, salah satu contohnya dapat anda  temukan pada situs jejaring sosial” Facebook”. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa penggunaan teknologi (Socket Secure Layer) ini sangat disarankan, khususnya untuk anda yang memiliki website yang terkait dengan transaksi online seperti jenis website e-commerce. Selain itu, penggunaan (Socket Secure Layer) ini disarankan dikarenakan banyaknya manfaat yang diberikannya. Beberapa diantaranya adalah:

Enkripsi informasi yang sensitif
Dunia internet adalah dunia yang sangat rentan dengan hacking atau penyadapan, sehingga sangat penting untuk menggunakan sistem keamaman ketika menggunakan internet. Penggunaan SSL (Socket Secure Layer) dapat mengenkripsi informasi/ data personal anda yang bersifat sensitif seperti username, password hingga nomor kartu kredit, sehingga hanya penerima pesan/ informasi yang dapat mengetahui dan memahami enkripsi tersebut.

Peningkatan kepercayaan pelanggan
Catatan penting untuk anda pelaku bisnis online dengan menggunakan website e-commerce, keamanan adalah salah satu hal yang dicari oleh para pelanggan/ audience. Sehingga jika anda dapat menawarkan hal tersebut, dapat dijamin bahwa pelanggan akan memilih situs e-commerce anda untuk pilihan transaksi/ jual beli. Ketika internet user/ pelanggan berselancar di dunia maya dan mencari sesuatu, beberapa pelanggan akan langsung memperhatikan sertifikasi keamanan (Socket Secure Layer) yang dilambangkan dengan ikon gembok pada sisi kiri address. Hal tentu untuk memastikan transaksi yang mereka lakukan adalah aman.