Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

SSL(Secure Socket Layer) adalah solusi yang paling tepat untuk mengamankan data browser dan juga website, SSL(Secure Socket Layer) sangat disarankan untuk digunakan dalam pengembangan suatu situs atau website, terutama situs  yang berkaitan erat dengan bisnis dan transaksi alias e-commerce.

Bicara sedikit banyak tentang SSL(Secure Socket Layer) ini, SSL(Secure Socket Layer) ini merupakan sebuah teknologi atau yang juga banyak disebut protokol yang berfungsi  mengamankan  transmisi pesan  di  internet. Dalam penjelasan yang lebih sederhana,  dapat dijelaskan bahwa teknologi ini dirancang untuk  melindungi data personal yang dikirimkan melalui internet( hubungan browser dan server) dari ancaman penyadapan atau hacking.

SSL(Secure Socket Layer) beroperasi dengan menggunakan suatu program yang terletak diantara HTTP(Hypertext Transfer Protocol) dan lapisan TCP(Transport Control Protocol). Teknologi keamanan SSL(Secure Socket Layer) ini dikembangkan oleh Netscape dan mendapatkan dukungan  dan sejumlah server pengembang lainnya.

Di dunia internet, penggunaan SSL(Secure Socket Layer) ini telah banyak berperan dalam pengamanan banyak data transaksi online seperti username, password, nomor kartu kredit dan data rahasia/ sensitif lainnya. Yang menjadi kunci dari keamanan dari SSL(Secure Socket Layer) ini sendiri sebenarnya ada pada sistem enkripsi.

SSL(Secure Socket Layer) akan melakukan enkripsi data atau informasi yang akan ditransfer melalui internet, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami enkripsi dari pesan/ informasi yang ditransfer. Hal inilah yang membuat transfer data yang dilakukan akan jauh lebih aman dari ancaman penyadapan atau hacking.

Tingkat keamanan yang ditawarkan SSL(Secure Socket Layer) sendiri terbagi atas 3 tingkat keamanan, yaitu:

Authentication/ authentikasi
Pemastian bahwa transmisi pesan/ informasi yang dikirim/ transfer berasal dari server/ pihak tersurat.

Confidentiality
Perlindungan transmisi pesan/ informasi yang dikirim/ ditransfer  dari penyadapan/ hacking yang bertujuan membaca pesan sepanjang perjalanan transfer pesan. Seperti yang anda katahui bahwa, transfer data melalui internet tidaklah instan, namun pesan/ data tersebut akan melewati beberapa komputer. Hal tersebut menciptakan peluang, dimana salah satu komputer dapat saja mencoba membaca pesan/ informasi yang ditransfer dengan menyamar menjadi server yang dituju.

Integrity/ integritas
Pemastian bahwa pesan/ informasi yang ditransfer/ dikirim tidak mengalami perubahan selama perjalaanan transfer.

Namun bagaimana caranya untuk membuat suatu website dapat menggunkan SSL(Secure Socket Layer)?. Jika anda memiliki website dan ingin menginstal  SSL(Secure Socket Layer) ke dalamnya, maka website anda haruslah memenuhi beberapa kondisi berikut ini:
•Web server yang dapat men-support inkripsi SSL(Secure Socket Layer)
•iP address yang dimiliki haruslah unik, hal ini bertujuan agar penyedia sertifikat SSL(Secure Socket Layer) dapat dengan mudah melakukan validasi terhadap website anda.
•SSL(Secure Socket Layer) disertifikasi oleh penyedia layanan SSL(Secure Socket Layer) terpercaya.

Itulah beberapa hal penting terkait SSL(Secure Socket Layer) yang kiranya harus anda ketahui guna menjamin keamanan informasi web server atau browser anda.