Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

Firewall dan SSL(Secure Socket Layer) mungkin adalah kata yang pernah anda sekalian dengar, namun apakah anda tahu arti dari firewall dan SSL(Secure Socket Layer) ini. Pada pembahasan kali ini, kedua poin ini akan dibahas lebih terperinci sebagai topik utama.

Saat anda berselancar di dunia maya, anda pastinya pernah menemui beberapa situs dengan lambang lock/ gembok hijau pada address barnya. Untuk anda yang belum tahu maksud simbol atau ikon gembok hijau pada adress bar ini, simbol tersebut adalah simbol indikasi yang menginsyaratkan bahwa situs yang anda kunjugi tersebut aman untuk data komputer anda. Beberapa situs yang memiliki simbol gembok hjiau ini adalah sejumlah media sosial seperti facebook dan juga twitter.

Dari sedikit uraian di atas, anda pastinya menyadari bahwa ternyata ada beberapa situs yang tidak aman untuk dikunjugi dan dapat membahayakan data pada komputer anda. Di sinilah peran firewall dan SSL(Secure Socket Layer) dibutuhkan sebagai proteksi terhadap data yang ada pada cloud/ komputer anda.

Internet firewall
Internet firewall adalah salah satu bagian penting dalam proteksi data cloud, setiap akses jaringan komputer ke internet membutuhkan internet firewall ini. Dalam dunia IT, internet firewall memiliki fungsi sebagai barrier/ pelindung/ barikade yang mencegah pihak luar mengakses  jaringan anda.
Dalam sistem kerjanya, firewall bekerja dengan 2 cara yaitu sebagai filter dan juga proxy. Sebagai filter(Firewall filter), firewall akan melakukan penyaringan komunikasi, sehingga hanya aplikasi dan komputer/ identitas tertentu saja yang dapat terhubung.
Sedangkan sebagai proxy(Firewall proxy), internet firewall akan memberikan akses penuh untuk terhubung dengan internet, akan tetapi dari luar internet hanya terdapat satu akses komputer saja yang diizinkan.

SSL(Secure Socket Layer)
Kata SSL(Secure Socket Layer) ini pastinya beberapa dari anda belum pernah mendengarnya  atau anda pernah mendengarnya namun kurang paham tentang apa SSL(Secure Socket Layer) ini. Untuk menjelaskannya secara lebih sederhana dalam pembahasan ini, SSL(Secure Socket Layer) dapat dikatakan sebagai sebuah protokol keamanan yang menjaga keamanan data server anda.
Seperti yang anda ketahui bahwa pengiriman atau transfer data yang dilakukan melalui media internet terbilang sangat rawan dengan penyadapan. Sehingga dapat dikatakan bahwa data yang anda transfer lewat internet mungkin untuk disadap atau diketahui oleh pihak lain. Protokol keamanan SSL(Secure Socket Layer) bertugas mencegah hal tersebut terjadi, SSL(Secure Socket Layer) ini akan menyandikan data yang anda transfer atau kirim melalui internet, sehingga proteksi dan keamanannya menjadi lebih kuat serta memperkecil kemungkinan penyadapan. Oleh karena itu, browser sangat disarankan untuk memiliki protokol keamanan SSL(Secure Socket Layer) ini. SSL(Secure Socket Layer) ini banyak digunakan untuk browser atau server yang dipergunakan untuk transaksi online. Browser atau situs yang menggunakan protoko SSL(Secure Socket Layer) ini umumnya adalah situs dengan extensi https, diman s adalah singkatan dari secure.