Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

Semua orang pastinya mengenal Youtube, Youtube dapat merupakan salah satu situs streaming terbesar dengan jumlah kunjungan/ traffic yang luar biasa tinggi. Sangking tingginya traffic kunjungan di situs berbagi video ini, Youtube pun telah menjadi search engine kedua setelah Google. Tidak heran para ahli jasa seo profesional (Search Engine Optimization) yang banyak membidik youtube sebagai salah satu langkah optimisasi suatu website ataupun promosi/ marketing online sebuah produk.

Bicara mengenai Youtube, pastinya akan berkaitan dengan video yang diunggah di dalamnya. Saat ini telah banyak ahli SEO dan juga marketer yang menggunakan Youtube sebagai sarana promosi produk ataupun suatu website e-commerce. Video dinilai dapat menerjemahkan atau mendeskripsikan suatu produk atau bisnis dengan lebih baik ketimbang menggunakan text yakni content article, alhasil Youtube pun menjelma menjadi salah satu media commercial yang dapat digunakan untuk beriklan, terutama jika anda mengikuti program adsense.

Pada pembahasan kali ini, topik yang akan dibahas akan berkaitan dengan cara melakukan setting/ pengaturan video iklan/ promosi Youtube yang anda upload agar dapat memaksimalkan optimisasi promosi produk ataupun website e-commerce anda, berikut petunjuknya.

  • Penentuan keyword pada title/ judul

Sama dengan konsep SEO website, anda tentu membutuhkan keyword yang tepat agar dapat membantu membuat video iklan anda terkenal. Risetlah keyword terlebih dahulu sebelum anda mengupload video iklan/ promosi anda ke Youtube. Sebagai contoh, jika anda menjualkan obat pelangsing, maka anda dapat menambahkan keyword terkait hal tersebut seperti cara melangsingkan badan dan lainnya ke dalam title video anda. Anda dapat menggunakan Google keyword planner untuk menemukan keyword yang progresif sesuai dengan niche website e-commerce atau produk yang anda ingin promosikan.

  • Melengkapi deskripsi

Deskripsi adalah bagian yang memainkan peran penting dalam markerting dan juga promosi website ataupun produk. Disarankan untuk anda yang mengupload video promosi di Youtube agar mengisi dengan lengkap kolom deskripsi dengan informasi terkait penjelasan produk/ website e-commerce dan anda juga dapat menyelipkan beberapa link ke dalamnya. Namun sangat disaranka untuk anda agar tidak melampirkan link lebih dari 5 kali di dalam deskripsi, dikarenakan akan mempertinggi kemungkinan bahwa video anda akan terdeteksi sebagai spam.

  • Memanfaatkan tag

Tag juga hal yang perlu anda isi dalam melakukan setting video promosi di Youtube ala ahli SEO, tag akan membantu mengarahkan audience dengan mudah menemukan video anda. Contohnya, apabila anda mempromosikan sebuah website streaming movie, maka tag yang dapat diambil adalah full movie atau watch online. Jika anda sedikit kebingungan dalam memilih tag, anda dapat melakukan copy terhadap tag video iklan/ promosi yang memiliki niche yang sama dengan produk atau bisnis anda.

Caranya mudah, anda hanya perlu memilih satu video di Youtube dan kemudian mengaksesnya, selanjutnya tekan control dan juga secara bersamaan pada keyword anda. Setelahnya, anda akan disajikan lampiran seperti deret html dan tag, kemudian tekan control+ F , lalu tulis keywords. Anda pun akan menemukan tag dari video yang anda pilih.

Sponsor Artikel