Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

Pernakah anda mendengar tentang SSL(Secure Socket Layer) sebelumnya, jika belum, pembahasan kali ini akan membantu anda untuk lebih mengerti mengenai SSL(Secure Socket Layer) ini. Seperti yang anda ketahui bahwa, saat ini adalah masa dimana semua hal dapat dilakukan secara praktis media online. Salah satunya adalah transaksi, proses jual beli maupun kegiatan transaksi lainnya kini telah banyak dapat diakses secara online.

Contoh kecil dari hal ini adalah toko online/ web commerce, sebagian dari anda pastinya pernah berbelanja melalui toko online, hal ini adalah salah satu jenis transaksi yang terjadi secara online. Meskipun terdengar praktis, transaksi secara online juga sangat riskan dengan bahaya penyadapan data personal atau yang bersifat sensitif terkait transaksi anda. Untuk  menanggulangi hal tersebutlah, sebuah protokol keamanan yang terenkripsi antara server dan klien( server web(website) dan browser/ email server dan email klien) sangat dibutuhkan, protokol keamanan inilah yang dikenal dengan nama SSL(Secure Socket Layer).

SSL(Secure Socket Layer) memungkinkan data –data sensitif personal anda seperti nomor kartu kredit, Crudensial login ataupun nomor jaminan sosia dapat dikirim dengan jauh lebih aman. Pengiriman data( baik data transaksi atau bukan) diantara browser dan web server adalah data yang berbentuk teks. Hal ini membuat, bahaya akan penyadapan semakin tinggi, dimana  hacker/ penyerang mungkin saja dapat saja mencegat data yang dikirim antara browser dan web server dan mengakses informasi/ data tersebut.

Dengan menggunakan SSL(Secure Socket Layer), maka kerentanan data sensitif akan penyadapan akan lebih berkurang, SSL(Secure Socket Layer) sendiri telah banyak digunakan dalam pengamanan data transaksi online di internet setiap harinya. Jika anda ingin melakukan transaksi online semisal jua beli online, sebaiknya anda memeriksa ikon kunci pada kolom browser anda. Jika lambang gembong hijau ada pada sisi kiri kolom situs,maka website tersebut menggunakan SSL(Secure Socket Layer). Website atau situs yang menggunakan protokol keamanan SSL(Secure Socket Layer) umumnya menggunakan https(secure).

Untuk dapat menggunakan protokol SSL(Secure Socket Layer)sebagai perlindungan transfer data anda, tertutama data transaksi, anda membutuhkan sertifikat SSL(Secure Socket Layer). Namun bagaimana sertifikat SSL(Secure Socket Layer) ini dapat mengamankan koneksi atau data online anda?, jawabannya adalah sebagai berikut.

Ketika anda melakukan akses ke suatu situs atau website yang menggunakan protokol keamanan SSL(Secure Socket Layer), pada saat tersebut browser dan juga server web akan terkonesi dalam suatu proses yang dikenal dengan istilah SSL(Secure Socket Layer) Handshake. SSL(Secure Socket Layer) Handshake menggunakan 3 kunci yang mengatur SSL(Secure Socket Layer) yaitu:
•Kunci public
•Kunci private
•Kunci sesi

Semua data yang dienkripsi dengan kunci public hanya mampu diekripsikan oleh kunci pribadi. Enkripsi dan dekripsi dengan kunci public dan juga pribadi sendiri memiliki proses yang panjang, dimana kedua kunci tersebut hanya dapat digunakan selama SSL(Secure Socket Layer) Handshake untuk pembuatan kunci ketiga yaitu kunci sesi simetris. Setelah sambungan telah dibangun dengan aman, maka kunci sesi akan dapat digunakan untuk proses enkripsi semua data yang dikirim.