Jl. Sawo No. 10 Garuda 021-42885252

Strategy pemasaran bisnis online kini mulai dari beberapa tahun yang lalu telah menjadi satu dari media berbisnis yang tengah digandrungi pada saat ini. Alasannya sendiri dapat dikatakan beragam, mulai dari jangkauan pengenalan produk atau jasa/ branding hingga kepraktisan dan murahnya dana yang harus digelintirkan. Untuk membuat bisnis berbasis online sendiri, media yang paling sering di adalah website. Namun cara lain seperti bisnis online via media sosial juga kerap menjadi pilihan lain untuk dicoba.
Untuk anda yang kini tengah mengeluti profesi sebagai pebisnis online, ada 6 fokus utama yang harus anda lakukan dalam strategi pemasaran bisnis online anda:

Content Marketing/ marketing konten
Jika anda menjalankan bisnis berbasis website e-commerce atau toko online, pembuatan dan penerbitan content yang menarik pada halaman website yang anda kelolah adalah salah satu strategi paling jitu untuk diterapkan. Konten yang disajikan pun beragam mulai dari bentuk video, artikel, gambar dan berbagai macam lainnya. Sebagai contoh sederhana, apabila anda menjalankan toko online di bidang produk kecantikan, maka sajikanlah konten informasi terkait kecantikan dan mengarah produk yang anda tawarkan.

Marketing mobile/ mobile marketing
Pada saat ini akses internet dapat dikatakan cukup banyak dilakukan melalui/ via smartphone atau gadget. Oleh karena itulah, mengubah tampilan website dari desktop friendly menjadi mobile friendly adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Continuous marketing
Promosi adalah tahapan penting dalam pengembangan bisnis, begitu pula dengan bisnis online. Promosi untuk bisnis online sendiri dapat dilakukan secara berkelanjutan/ continuous melalui media sosial seperti Twitter, Facebook ataupun instagram.

Visual marketing
Cara promosi yang pada tahun 2015 ini sering dilakukan adalah promosi visual dengan menggunakan viral video/ video promosi. Anda dapat membuat video berisi iklan komersial ataupun testimonial mengenai produk/ layanan jasa yang anda tawarkan. Media yang paling ampuh untuk menyebarkan video viral/ promosi ini adalah situs website streaming seperti Vivo ataupun Youtube.

Integrated digital media
Setiap jenis pemasaran, baik berupa viral marketing ataupun internet marketing haruslah dilakukan secara terintegritas dan dilakukan berkisanambungan. Sebagai contoh sederhana, jika anda menerapkan startegi pemasaran berupa email marketing , maka penerapan retention mail dan jenis email marketing yang lain harus tetap dilakukan meski transaksi telah selesai dilaksanakan.

Personalized marketing
Untuk anda yang merupakan pemula di bidang bisnis online, mungkin masih asing dengan istilah personalized marketing ini. Personalized marketing ini adalah strategi pemasaran yang berfokus pada pengelompokan konsumen yang menjadi sasaran bisnis anda. Pengelompokan ini dapat dilakukan berdasarkan jenis kelamin, usia, hobby dan faktor lainnya.
Namun selain 6 fokus utama strategi online yang dilakukan sebelumnya, penerapan SEO(Search Engine Optimization) yang friendly pada website tetap menjadi hal yang paling utama yang harus dilakukan( khusus bisnis dengan website e-commerce). TNC Media selaku jasa web developer dapat membantu anda untuk menerapkan SEO friendly pada website e-commerce anda.